Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Mei 2010, transaksi Bitcoin pertama untuk produk konsumen terjadi ketika seorang pria asal Florida membeli 2 loyang besar pizza menggunakan 10.000 BTC. Transaksi bersejarah ini kemudian dijadikan sebagai “Bitcoin Pizza Day” dan dirayakan setiap tahunnya oleh seluruh pemilik aset cryptocurrency di dunia. 

Saat itu belum ada merchant yang secara resmi dan terbuka bersedia menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Apalagi mengingat usia Bitcoin yang masih 1 tahun. Oleh karena itu, tidak heran jika transaksi pembelian pizza ini dirayakan, sebab menjadi harapan dan langkah baru dalam pengadopsian Bitcoin secara nyata.

Transaksi Bitcoin Pizza Day

Transaksi Bitcoin Pizza Day diawali dengan sebuah post di forum Bitcoin Talk. Seorang programmer bernama Laszlo Hanyecz menuliskan bahwa ia bersedia membayar 10.000 BTC untuk 2 loyang besar pizza supaya bisa dihabiskan dalam 2 hari. 

Hanyecz juga menyebutkan kalau ia tidak peduli pizza tersebut dipesan dari sebuah restoran atau dibuat sendiri. Ia hanya ingin bisa mendapatkan 2 loyang besar pizza dan diantarkan ke rumahnya dengan 10.000 BTC. Seseorang dengan username Jercos pun menyanggupi permintaan tersebut.

Pada saat transaksi terjadi, 10.000 BTC nilainya setara dengan $40 atau Rp360 ribu—menurut kurs tahun 2010. Sembilan bulan setelah transaksi, nilai ini merangkak naik hingga 10.000 BTC setara dengan $10.000 atau Rp90 juta. Jika transaksi pizza tersebut terjadi tahun ini, nilainya akan sangat fantastis, yaitu setara dengan $80 juta atau lebih dari Rp1 triliun.

Mengapa Bitcoin Pizza Day penting?

Berhasilnya Hanyecz membeli pizza menggunakan Bitcoin membuktikan bahwa cryptocurrency ini memiliki fungsi yang nyata. Bitcoin dapat digunakan sebagai pengganti mata uang fiat—sebutan untuk mata uang resmi negara— untuk membeli produk fisik.

Pada tahun 2010, sebelum transaksi pizza terjadi, Bitcoin baru berusia 1 tahun dan para penambang awal sangat ingin menemukan contoh praktis penggunaan Bitcoin di dunia nyata. Mereka juga ingin membuktikan bahwa Bitcoin merupakan aset finansial yang dapat digunakan sebagai tender antara 2 pihak atau lebih di dunia nyata.

Keinginan para penambang awal akhirnya mendapat titik cerah dengan adanya transaksi pizza antara Hanyecz dan Jercos. Peristiwa ini pun jadi terus dirayakan setiap tahun untuk mengingat sulitnya penggunaan Bitcoin dulu dan menyaksikan adanya harapan baru bagi dunia cryptocurrency.

Hingga saat ini, reputasi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya terus merangkak naik. Jika melihat lintasan harga historisnya sejak 2010 pun dapat diakui peluang investasi cryptocurrency semakin luar biasa. Dengan reputasi seperti ini, ke depannya cryptocurrency diharapkan dapat digunakan secara leluasa sebagai alat pembayaran di dunia nyata

Sumber: Crypto Industry Celebrates Annual Bitcoin Pizza Day

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.