Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dilansir dari Coindesk, pemerintah pusat Korea Selatan telah mendeklarasikan wilayah Busan sebagai zona bebas regulasi bagi pengembangan teknologi Blockchain dan kripto. Kebijakan yang telah lama diharapkan ini akhirnya diresmikan sebagai bagian dari dorongan liberalisasi yang lebih besar.

Blockchain diterapkan ke berbagai sektor

Pada 24 Juli 2019, Kementerian UKM dan Startup Korea Selatan mengumumkan bahwa Busan akan menjadi daerah yang menerapkan teknologi Blockchain dalam lingkup luas, berkaitan dengan keuangan, keselamatan publik, transportasi umum, hingga pariwisata.

Ada 11 peraturan yang akan dicabut untuk mendukung pengembangan zona dan bisnis ini. Pembebasan peraturan diberlakukan untuk bisnis-bisnis yang dijadwalkan berpromosi di zona bebas regulasi, antara lain sistem logistik masa depan (BPN Solution, Busan Techno Park), platform wisata cerdas (Hyundai Pay, Korea Tour Pass), laporan video keselamatan publik dan platform transaksi data (Coinplug, Sarada), dan penerbitan voucher digital (Bank Busan).

Dengan dicabutnya 11 peraturan, diharapkan para investor dapat memindahkan investasi sebesar 29,9 miliar won ke wilayah Busan pada tahun 2021. Selain itu, diharapkan  pengembangan juga dapat tersebar di antara Distrik Inovasi Munhyeon, Distrik Inovasi Centum, dan Distrik Inovasi Dongsam.

Zona bebas regulasi tidak terkait kripto

Busan secara eksplisit menyatakan bahwa pengembangan zona bebas regulasi ini tidak dirancang untuk berkaitan dengan kripto. ICO tetap tidak diizinkan dan proyek masih konservatif dalam hal kripto. 

Sebagai gantinya, pemerintah Busan merencanakan untuk mengeluarkan voucer digital berupa stablecoin. Voucer digital ini dapat ditukar ke mata uang KRW dengan rasio 1:1 dan dijadikan rewards untuk layanan Blockchain yang tersedia. Pemerintah Busan yakin eksperimen ini dapat berjalan aman karena stablecoin tidak terpengaruh volatilitas harga.

Voucer digital akan dioperasikan oleh Bank BNK Busan dan digunakan sebagai alat pembayaran prabayar elektronik di berbagai toko ritel yang bermitra dengan Busan. Secara tidak langsung, voucer digital ini memiliki fungsi yang sama dengan mata uang.

Para wisatawan yang datang ke Busan nantinya mau tidak mau harus membeli voucer digital agar dapat bertransaksi selama kunjungan. Promo diskon di tempat wisata, restoran, dan fasilitas lainnya akan diberikan agar semakin menarik. Jika masih ada sisa saldo pada voucer digital, para wisatawan dapat menukarnya menjadi uang tunai sebelum meninggalkan Busan.

Gubernur Busan Oh Geodon menyatakan saat ini dunia sedang dalam perang teknologi Blockchain dan berlomba mengembangkan bisnis dengan menerapkan teknologi tak terbatas. Busan ke depannya akan memperluas cakupan di luar zona bebas regulasi dan bekerja sama dengan perusahaan lain yang menerapkan teknologi Blockchain. Oh Geodon berharap Busan dapat menjadi pusat bagi teknologi Blockchain.

Sumber 1: South Korea Declares Partial ‘Regulation-Free’ Zone for Crypto Companies
Sumber 2: [Part 1] Busan Blockchain Regulation Free Zone will be a Testbed for ‘Token Economy.’

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.