Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perfilman Indonesia sedang berkembang dengan positif. Hal ini ditandai dengan hadirnya deretan judul film baru karya anak bangsa yang memiliki kualitas luar biasa. Merespon perkembangan ini, Indodax menyelenggarakan Indodax Short Film Festival 2019 (ISFF 2019) sebagai bentuk dukungan dan wadah kreasi bagi komunitas film maker muda Indonesia.

Indodax Short Film Festival 2019 mengambil tema “Aset Masa Depan”. Periode submisi festival film ini telah dibuka sejak tanggal 2 September dan berlangsung hingga 3 November 2019 melalui laman http://event.indodax.com. Akan ada total hadiah senilai Rp100.000.000 yang menanti untuk empat kategori pemenang.

ISFF 2019 mendukung perfilman Indonesia

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengungkapkan ISFF 2019 ditujukan tidak hanya sekadar sebagai wadah mengekspresikan diri, terutama bagi generasi milenial, tetapi juga menjadi ajang untuk menambah kemunculan sinema pendek Indonesia yang lebih beragam, sehat, inspiratif, berdaya saing, dan edukatif.

Melalui perhelatan ini, Oscar Darmawan berharap mampu mendukung pertumbuhan industri kreatif dan sebagai apresiasi kepada para sineas perfilman Indonesia.

Media ekspresi dan unjuk karya semakin banyak

ISFF 2019 menghadirkan Fajar Nugros dan Goen Rock sebagai dewan juri. Di sela-sela diskusi ringan, Fajar Nugros menceritakan bahwa di awal karirnya salah satu yang menjadi tantangan adalah mencari ruang dan media untuk menunjukkan karya. Namun, dengan banyaknya festival film pendek saat ini, seperti ISFF 2019, film maker muda bisa lebih mudah dan berkesempatan besar dalam menampilkan karyanya.

Goen Rock menambahkan, saat ini banyak sekali teknologi pembuatan film yang semakin canggih, mempermudah dalam memproduksi karya audio visual, dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau. Media berekspresi pun juga semakin mudah untuk diakses dan terus menciptakan peluang untuk aktualisasi diri.

“Agar generasi muda sebagai aset masa depan tidak sekadar menjadi self-declared filmmaker, mereka juga berhak mendapatkan wadah untuk bisa berekspresi ‘liar’ di jalur yang benar, salah satunya adalah dengan mengikuti festival film Indodax Short Film Festival 2019. Di sini mereka akan diuji untuk menjadi filmmaker berkompeten” ujar Goen Rock.

ISFF 2019 ditutup dengan Awarding Night

Pemenang ISFF 2019 akan diumumkan pada Awarding Night dengan rangkaian acara dan program seru yang dapat dinikmati oleh masyarakat, seperti workshop, temu komunitas, dan penayangan beberapa film pendek dari peserta.

Fajar Nugros juga akan memberikan pelatihan terkait dunia perfilman pada acara Awarding Night tersebut. Adapun Awarding Night ini direncanakan berlangsung di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail pada tanggal 9 Desember 2019 mendatang.

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.