Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organisasi ekonomi terbesar dunia, G7 menilai stablecoin berpotensi menjadi risiko terhadap sistem keuangan global. Pernyataan ini disampaikan oleh Financial Stability Board (FSB) pada 14 Oktober.

FSB sampaikan laporan penilaian G7 terhadap stablecoin global

Dalam sepucuk surat kepada para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara G20, ketua FSB Randal Quarles mengungkapkan bahwa organisasi G7 menyampaikan laporan penilaian tentang peluang dan tantangan yang ditimbulkan dengan adanya stablecoin global.

Para pemimpin negara G20 sendiri sebelumnya mengakui bahwa aset kripto tidak menimbulkan ancaman bagi stabilitas keuangan global. Namun, Randal Quarles menambahkan pada surat tersebut, pengenalan stablecoin global dapat menghadirkan sejumlah tantangan bagi regulator.

Regulator menyajikan berbagai masalah yang mungkin ditimbulkan dari stablecoin. Mulai dari privasi dan perlindungan data, kepatuhan terhadap AML/CFT dan KYC, penggelapan pajak, persaingan yang adil, dan integritas pasar.

Dalam surat tersebut, tidak ada penyebutan stablecoin tertentu sebagai contoh. Meskipun begitu, diketahui bahwa sebagian negara anggota G7 telah menyuarakan keprihatinan mereka atas antisipasi penerbitan mata uang kripto Libra Facebook.

Tekanan baru untuk Facebook

Menurut laporan dari BBC pada hari Senin, draft laporan mengenai stablecoin dari kelompok kerja G7 berisi peringatan bahwa proyek Libra mungkin tidak mendapatkan persetujuan dari regulator, walaupun para pendukungnya dapat mengatasi masalah-masalah yang dikhawatirkan.

Penilaian ini menjadi tekanan baru untuk Facebook setelah sebelumnya perusahaan pembayaran besar seperti Visa, Mastercard, PayPal, dan Stripe menarik diri dari pengembangan proyek Libra ini.

FSB akan menyerahkan catatan masalah resmi tentang stablecoin global ke pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 Oktober 2019 minggu ini. Catatan dan penilaian ini tidak dibuat tiba-tiba, melainkan datang setelah Pemimpin G20 meminta FSB untuk memberi saran pada mereka tentang tanggapan multilateral tambahan sesuai kebutuhan, mengingat perkembangan terkini dalam stablecoin.

Sumber: G7 Evaluates Stablecoins as Risk to Global Financial Stability

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.