Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah sukses mengeluarkan HTC Exodus 1, kini HTC siap meluncurkan smartphone Blockchain keduanya, EXODUS 1s. Rencana ini diungkapkan Phil Chen selaku Decentralized Chief Officer HTC pada acara Magical Crypto Conference di New York, 11 Mei 2019.

EXODUS 1s merupakan versi low-cost dari seri smartphone Blockchain EXODUS pendahulunya dengan penambahan fungsi utama sebagai full node untuk jaringan Bitcoin dan software development kit (SDK) untuk Zion Vault, wallet mata uang kripto milik HTC. 

Ponsel ini direncanakan akan hadir di pasaran pada kuartal ketiga tahun 2019 dan perkiraan harga jualnya cukup terjangkau, yakni $250-300 atau setara Rp 3,6 juta – Rp 4,3 juta.

Full Node Jaringan Bitcoin

Salah satu fitur fungsi ponsel EXODUS yang paling menjanjikan 1s adalah kemampuannya untuk beroperasi sebagai full node jaringan Bitcoin. Fungsi full node ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan seluruh data Blockchain Bitcoin dan melakukan verifikasi transaksi hanya lewat ponsel saja.

HTC melihat node adalah sesuatu yang penting dalam ekosistem Bitcoin. Seri EXODUS terdahulu telah dirancang untuk memungkinkan pengguna mengelola private key mereka sendiri dan terintegrasi dengan protokol Blockchain, seperti Bitcoin dan Ethereum. Jadi, sudah seharusnya ada pengembangan dari segi utilitas dan penambahan full node sebagai fitur untuk EXODUS 1s adalah langkah yang tepat. 

Phil Chen mengungkapkan bahwa saat ini smartphone secara fisik sudah mampu untuk menjadi full node Bitcoin dan Blockchain lainnya. Biaya produksinya pun bisa ditekan, mengingat harga computing chips dan storage media semakin murah serta efisien.

Blockchain Bitcoin sendiri memiliki kapasitas sekitar 200 GB dengan perkiraan kenaikan 60 GB setiap tahunnya. Kapasitas ini dinilai masih sangat masuk akal untuk dimiliki smartphone, melihat sudah ada smartphone dari Apple yang memiliki kapasitas 256 GB.

Proyek EXODUS Selanjutnya

Pada peluncurannya di kuartal ketiga tahun 2019, EXODUS 1s masih fokus untuk menjadi full node jaringan Bitcoin saja. Menjadikan jaringan Bitcoin sebagai proyek pertama HTC ini bukan tanpa alasan.

Bitcoin adalah salah satu Blockchain yang paling penting dan berpengaruh. Dikenalnya teknologi Blockchain pun tidak bisa dilepaskan dari fenomena Bitcoin beberapa tahun silam. Alasan kedua, Bitcoin adalah jaringan Blockchain yang saat ini paling terpercaya, dengan pengguna mencapai 7 juta di dunia.

Ke depannya, HTC mengungkapkan adanya kemungkinan besar memperluas fungsi full node untuk jaringan Blockchain lain, seperti Ethereum. Blockchain Ethereum dianggap memiliki node yang ringan, sehingga kapasitasnya masih mampu ditampung oleh smartphone. HTC juga tertarik untuk mengelola full node dari public Blockchain karena relatif lebih mudah untuk didukung daripada Blockchain pribadi.

Sumber: HTC Says Its Next Smartphone Will Run a Full Bitcoin Node

Sumber foto: Magical Crypto Conference

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.