Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebagai hal baru di dunia teknologi, sering ditemukan istilah-istilah blockchain yang masih terdengar asing dan sulit dipahami. Padahal, penggunaan istilah-istilah tersebut cukup penting untuk dipahami supaya bisa mengerti konteks pembicaraan mengenai blockchain. Untuk mengatasi hal tersebut, mari memahami istilah-istilah dalam blockchain yang sering digunakan berikut ini:

#

51% Attack

Ketika ada individu atau satu grup penambang mengontrol lebih dari 50% kekuatan komputasi dari jaringan cryptocurrency. Keadaan ini mampu mengeluarkan transaksi yang dapat merusak jaringan.

A

Accidental Fork

Istilah blockchain untuk menggambarkan keadaan ketika ada dua penambang atau lebih menemukan block hampir secara bersamaan. Rantai kemudian menjadi lebih panjang dari rantai lainnya dan jaringan meninggalkan block yang tidak masuk ke rantai yang lebih panjang.

Address

Alamat cryptocurrency yang digunakan untuk mengirim dan menerima transaksi di jaringan. Address biasanya terdiri dari barisan alfanumerik, tetapi bisa juga direpresentasikan sebagai QR Code.

Agreement Ledger

Buku besar yang didistribusikan yang digunakan oleh dua pihak atau lebih untuk bernegosiasi dan mencapai kesepakatan.

Altcoin

Altcoin adalah cryptocurrency alternatif selain Bitcoin

ASIC

Merupakan singkatan dari ‘Application Specific Integrated Circuit’, yakni sirkuit microchip yang digunakan untuk melakukan aktivitas penambangan cryptocurrency dan menawarkan daya yang lebih hemat disbanding CPU.

B

Bitcoin BTC

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang menggunakan sistem terdesentralisasi, open source, dan berjalan dalam jaringan peer to peer global tanpa perantara pusat. BTC sendiri merupakan kode dari cryptocurrency Bitcoin.

Block

Merupakan unit penyimpanan data yang di dalamnya tertulis seluruh transaksi yang terjadi pada jaringan blockchain. Setiap block memiliki nomor urut.

Block Explorer

Sebuah tool yang tersedia secara online untuk melihat semua transaksi yang pernah terjadi pada blockchain. Block explorer memberikan informasi yang berguna, seperti pertumbuhan transaksi dan hash rate jaringan.

Block Height

Jumlah block yang saling terkoneksi di dalam blockchain.

Block Reward

Hadiah atau insentif untuk para penambang yang berhasil menghitung hash pada block selama proses penambangan. Transaksi yang berhasil diverifikasi menghasilkan koin baru dan itulah yang menjadi insentif bagi penambang.

Blockchain

Blockchain adalah ‘buku besar’ dan dimanfaatkan untuk mencatat serta memvalidasi berbagai transaksi yang terjadi pada banyak komputer. Setiap data transaksi disimpan dalam sebuah ‘block’ dan saling terhubung dengan hash kriptografi dari block sebelumnya dan membentuk sebuah jaringan.

C

Central Ledger

Merupakan istilah blockchain untuk buku besar yang mencatat seluruh transaksi, seperti yang digunakan oleh bank. Dalam blockchain, buku besar ini terdesentralisasi dan didistribusikan ke seluruh komputer yang ada di jaringan.

Coin

Coin atau altcoin adalah representasi nilai aset digital yang dihasilkan oleh blockchain independen mereka sendiri.

Confirmation

Sebuah tindakan untuk menyatakan bahwa proses transaksi berhasil dan menambahkannya ke blockchain.

Consensus

Istilah blockchain untuk suatu keadaan saat semua peserta dalam jaringan memvalidasi sebuah transaksi. Caranya adalah dengan memastikan transaksi yang tercatat di central ledger sudah sesuai satu sama lain.

Cryptocurrency

Bentuk mata uang digital berbasis matematika. Teknik enkripsi digunakan untuk mengatur pembentukan unit mata uang dan verifikasi transaksi. Cryptocurrecy beroperasi secara independen, tanpa ada pihak pusat atau bank sentral.

Cryptographic Hash Function

Cryptographichashfuction dikenal juga sebagai “one-way function”. Fungsi ini memecah data menjadi message digest yang berukuran lebih kecil dan data tidak dapat kembali menjadi semula. Data yang memiliki hash kriptografi menjadi aman dan tidak dapat dimanipulasi.

D

Dapp

Singkatan dari decentralized application. Dapp adalah aplikasi yang bersifat open source, memiliki data yang tersimpan dalam blockchain, beroperasi secara mandiri.

DAO

Singkatan dari Decentralized Autonomous Organization. DAO merupakan perusahaan atau organisasi yang menyerahkan kontrol bisnisnya pada jaringan blockchain, tanpa ada campur tangan manusia.

Digital Signature

Istilah blockchain untuk kode digital yang dihasilkan dari enkripsi kunci publik. Digital signature dibubuhkan pada dokumen yang dikirim secara elektronik untuk memverifikasi isi dan identitas pemiliknya.

Distributed Ledger

Merupakan buku besar yang didistribusikan dan tersebar di berbagai situs, negara, atau institusi. Data dari distributed ledger dapat berupa data yang “diizinkan” atau “tidak diserahkan” untuk mengontrol siapa yang melihatnya.

Double Spending

Keadaan di mana sejumlah uang total dikeluarkan atau dibelanjakan lebih dari sekali.

E

Ethereum

Sebuah platform berbasis blockchain untuk aplikasi yang menjalankan smart contract. Etherum ditujukan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan sensor, kecurangan, dan gangguan pihak ketiga.

EVM (Ethereum Virtual Machine)

Merupakan mesin virtual Turing Complete yang memungkinkan siapapun untuk mengeksekusi kode Byte EVM. Seluruh node Ethereum berjalan pada EVM. Proyek ini mendukung fitur smart contract berbasis Ethereum blockchain dengan mencegah serangan denial-of-service.

F

Fiat

Mata uang yang diterbitkan pemerintah. Contoh: USD, JPY, EUR, IDR

Fork

Fork membuat sebuah versi alternatif dari blockchain. Blockchain terbagi menjadi dua yang serupa dan berjalan bersamaan di berbagai jaringan.

G

Genesis Block

Kumpulan blockblock pertama dari sebuah blockchain

H

Hard Fork

Istilah blockchain untuk tipe fork yang membuat transaksi tidak valid menjadi valid dan sebaliknya. Hard fork mengharuskan semua node dan pengguna untuk upgrade ke versi terbaru dari protokol perangkat lunak.

Hash

Istilah blockchain untuk metode kriptografi yang mampu mengubah data sepanjang apapun menjadi sebaris kode hexademical. 

Hash Rate

Merupakan pengukuran kinerja untuk mining rig dengan satuan hash per detik.

M

Mining

Mining atau penambangan adalah istilah blockchain untuk kegiatan memvalidasi transaksi blockchain. Para penambang yang berhasil memvalidasi transaksi akan mendapatkan insentif, biasanya berupa coincryptocurrency. Saat ini, mining mulai dilirik untuk menjadi bisnis dengan untuk besar.

N

Node

Merupakan komputer yang menjadi partisipan jaringan blockchain. Komputer-komputer ini mendapatkan salinan data transaksi dari buku besar.

O

Oracles

Sebuah media yang membantu mengkomunikasikan data antara dunia nyata dan blockchain dengan menggunakan smart contract.

P

Parent Block

Istilah blockchain untuk block yang memiliki nomor urut persis sebelum block terbaru. Parent block dijadikan acuan untuk melihat data transaksi yang terdahulu.

Peer-to-peer (P2P)

Interaksi terdesentralisasi antara dua pihak atau lebih dalam suatu jaringan. Pihak-pihak yang tergabung di jaringan P2P berurusan satu sama lain melalui satu titik mediasi.

Proof of Stake

Algoritma distribusi konsensus yang memberikan reward berdasarkan jumlah koin yang dimiliki. Semakin banyak koin yang diinvestasikan, semakin banyak hasil mining yang bisa didapatkan melalui protokol ini.

Proof of Work

Metode konsensus di mana setiap komputer dalam jaringan blockchain melakukan validasi terhadap sebuah transaksi.

S

Satoshi

Sebutan untuk unit terkecil dari cryptocurrency Bitcoin. Untuk 0.00000001 BTC, dapat disebut dengan 1 Satoshi; 0.0000002, disebut 2 Satoshi; dan seterusnya. Istilah Satoshi ini dinamakan sesuai pembuat Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

Smart Contract

Aturan bisnis dalam bahasa yang diprogramkan dalam blockchain. Aturan ini berlaku untuk semua pengguna jaringan blockchain.

Soft Fork

Soft fork hanya mampu mengubah transaksi valid menjadi tidak valid. Soft fork mengharuskan sebagian besar penambang melakukan upgrade agar dapat bekerja.

T

Token

Representasi dari aset digital yang dibangun dalam sistem blockchain. Token berbeda dari coin.

Transaction Fee

Segala transaksi cryptocurrency melibatkan biaya transaksi yang cukup kecil. Biaya transaksi ini digunakan untuk imbalan yang akan diterima oleh penambang ketika berhasil memproses block.

W

Wallet

Istilah blockchain untuk wadah penyimpanan aset digital (cryptocurrency) yang memiliki address untuk mengirim dan menerima dana. Wallet terdapat secara online, offline, atau perangkat fisik.

Mempelajari blockchain bisa dimulai dari mengenal dan memahami istilah-istilah di atas. Cukup banyak memang. Tetapi setelah dijabarkan, istilah-istilah blockchain menjadi masuk akal dan lebih mudah untuk dimengerti.

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.