Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blockchain merupakan sistem database yang dimanfaatkan untuk mencatat dan memvalidasi berbagai transaksi yang terjadi di suatu jaringan. Setiap transaksi disimpan dalam sebuah ‘block’ dan menyertakan hash kriptografis dari block sebelumnya, sehingga data blockchain tidak mudah diretas. Karena sangat aman, kegunaan blockchain bisa diterapkan di berbagai sektor kehidupan, seperti ekonomi, pemerintahan, bahkan kesehatan.

9 Kegunaan Blockchain di Kehidupan Sehari-hari

Sektor ekonomi, bisnis, dan perbankan memang yang akan paling merasakan keunggulan sistem blockchain. Walaupun begitu, sektor kehidupan lain seperti kesehatan, pemerintahan, bahkan kegiatan amal pun juga dapat memanfaatkan sistem blockchain untuk optimalisasi dan efisiensi transaksi data. Di bawah ini, akan dijelaskan lebih lanjut berbagai kegunaan blockchain di berbagai sektor kehidupan tersebut.

1. Menjaga Keamanan dan Transparansi Data

Keunggulan utama dari sistem blockchain adalah sifatnya yang terdesentralisasi. Data sangat transparan dan tidak dikelola secara eksklusif oleh pusat, sehingga siapapun di dalam jaringan tersebut dapat mengakses serta mengikuti perkembangannya.

Cara kerja sistem blockchain yang menyimpan data secara berlapis juga membuatnya menjadi tidak mudah diubah, dimanipulasi, dan diretas. Hingga saat ini, tidak ada satu pun titik kegagalan pada teknologi blockchain yang mampu mengancam data tersimpan. Manfaat blockchain ini sangat menguntungkan, sebab dapat dipastikan penyimpanan dan transaksi data melalui blockchain aman serta akurat.

2. Optimalisasi Proses Penerimaan dan Pengaturan Data Kegiatan Amal

Kegiatan amal hingga saat ini masih menjadi salah satu kegiatan yang rawan manipulasi. Adanya pihak ketiga sebagai perantara pemberi sumbangan dan minimnya transparansi merupakan faktor yang memungkinkan manipulasi ini terjadi.

Penggunaan blockchain dapat diimplementasikan pada kegiatan amal untuk meminimalisasi terjadinya manipulasi dan sabotase sumbangan. Donatur secara real-time dapat mengetahui kapan, di mana, dan kepada siapa sumbangan darinya diberikan. Kegiatan amal pun dengan mudah bisa dipertanggungjawabkan.

3. Mempermudah Transaksi Bisnis

Bisnis akan menjadi salah satu sektor yang paling diuntungkan dengan sistem blockchain. Bisnis membutuhkan perputaran yang cepat, risiko dan modal yang minim, serta asas kepercayaan dari kedua belah pihak untuk mendapatkan keuntungan. Penggunaan blockchain mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan ini.

Karena semua transaksi menjadi transparan, kedua belah pihak tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ‘menyewa’ pihak ketiga yang menjadi perantara transaksi. Efeknya, transaksi jadi lebih minim risiko dan penipuan, sebab ada neraca bersama yang memunculkan kepercayaan satu sama lain.

4. Melancarkan Kegiatan Perbankan

Pada sektor perbankan, penggunaan blockchain bisa menjadi dua sisi mata pisau. Di sisi pertama, jelas menguntungkan karena nasabah tidak lagi perlu membayar biaya transaksi untuk bank dan verifikasi transaksi juga dapat terjadi dalam hitungan detik.

Di sisi kedua, teknologi blockchain juga dapat merugikan bank dari segi pendapatan. Tidak dipungkiri memang selama ini, biaya transaksi menyumbang keuntungan yang cukup besar untuk bank. Walaupun begitu, sistem blockchain menjadikan seluruh transaksi terjadi secara transparan dan ini akan meningkatkan rasa percaya nasabah pada bank.

5. Efisiensi Rantai Pasokan dan Manajemen Suplai

Masalah dari jaringan rantai pasokan saat ini adalah efisiensi dan transparansi. Relasi antara pihak yang terlibat belum terintegrasi dengan baik, sehingga sering terjadi eror dan merugikan.

Perusahaan dan pihak terkait dapat memanfaatkan kegunaan blockchain untuk mengatasi masalah ini. Dengan transparansi informasi, proses verifikasi dapat dilakukan dengan cepat dan tidak ada celah untuk manipulasi dokumen. Selain itu, riwayat pergerakan sumber daya juga dapat dipantau oleh seluruh pihak terkait, sehingga eror bisa mudah diidentifikasi.

6. Pengamanan Data Sektor Kesehatan

Penggunaan teknologi blockchain pada sistem sektor kesehatan mampu mencegah terjadinya kebocoran dan peretasan data. Tidak hanya itu, informasi pun dapat saling terintegrasi dengan baik. Riwayat kesehatan dan obat pasien dapat diakses secara transparan oleh dokter apapun di jaringan rumah sakit tersebut, sehingga akurasi diagnosis dan pengobatan bisa meningkat.

7. Menunjang Kegiatan di Berbagai Sektor Pemerintahan

Kegunaan blockchain lainnya dapat diaplikasikan di sektor pemerintahan. Dengan blockchain, data pemerintahan menjadi transparan dan bisa diakses oleh seluruh penduduknya. Tidak perlu takut diretas karena sistem keamanan blockchain sangat tinggi.

Teknologi blockchain di sektor pemerintahan bisa juga diaplikasikan dalam pemilihan umum (pemilu), yang sangat rawan manipulasi. Seluruh tempat pemungutan suara digabungkan dalam satu jaringan dan hasil pemilu pun bisa didapat dengan cepat, transparan, dan pastinya tidak mudah dimanipulasi pihak luar.

8. Smart Contract untuk Industri Kreatif

Industri kreatif sedang berkembang pesat di Indonesia. Namun, produk yang berbentuk karya dari kekayaan intelektual ini masih minim sekali apresiasi dan dipergunakan tanpa izin.

Penggunaan blockchain dengan smart contract mampu membuat para pelaku industri kreatif menikmati hasil dari karyanya. Pelaku industri kreatif dapat membubuhkan ‘tanda tangan’ digital sebagai bentuk hak cipta serta memantau distribusi royalti dan pembayaran invoice secara transparan, sehingga tidak lagi mendapatkan kerugian dalam berkarya.

9. Percepatan Proses Klaim Asuransi

Tidak hanya bisnis dan perbankan, teknologi blockchain juga bisa digunakan pada sektor asuransi. Transparansi data yang menjadi keunggulan blockchain dapat memudahkan proses pertukaran informasi. Hasil diagnosis pasien dapat langsung diketahui oleh perusahaan asuransi dan jaminan bisa dengan cepat diklaim.

Teknologi blockchain memang masih belum familiar di negara ini. Bahkan transaksi cryptocurrency dengan sistem blockchain pun masih belum disetujui oleh Bank Indonesia. Tapi melihat kemungkinan manfaat blockchain di atas, sepertinya teknologi ini bisa mulai dicoba di berbagai sektor vital. Pertukaran dan integrasi data lebih efisien, keamanan pun lebih terjamin.

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.