Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Financial Integrity Network (FIN), sebuah firma penasihat di Washington DC, mendesak Kongres Amerika Serikat untuk mengatur perusahaan-perusahaan sektor kripto di bawah Bank Secrecy Act (BSA).

Bank Secrecy Act (BSA) merupakan undang-undang yang dibuat untuk membantu lembaga pemerintahan Amerika Serikat dalam mendeteksi dan mencegah terjadinya pencucian uang.

Penyedia layanan aset virtual perlu diatur di bawah BSA

Dalam salinan kesaksian FIN yang diterbitkan sebelum sidang pada tanggal 3 September 2019, FIN merekomendasikan agar penyedia layanan aset virtual (VASP) harus diatur berdasarkan layanan tertentu yang mereka berikan, dengan penekanan pada peningkatan tata kelola sistem secara luas.

Wakil Presiden FIN untuk pengembangan produk dan layanan, David Murray mencatat bahwa ada beberapa penyedia layanan aset virtual saat ini diatur sebagai pemancar uang di bawah BSA dan beberapa lainnya tidak diatur sama sekali. Bahkan, untuk penyedia layanan aset virtual yang sudah diatur, peraturannya tidak cukup melindungi aset virtual dari eksploitasi.

Peraturan akan menyulitkan tapi seharusnya tidak jadi masalah

Mengenai pemberlakuan peraturan yang direkomendasikan, Murray mengakui hampir pasti akan menyulitkan beberapa implementasi pembayaran berbasis Blockchain yang telah ada untuk tetap terus beroperasi seperti saat ini.

Namun, pada dasarnya, memang bukan tujuan BSA untuk memungkinkan atau mengakomodasi segala macam produk dan layanan keuangan. Oleh karena itu, pemberlakuan peraturan ini seharusnya tidak jadi masalah.

Keprihatinan terhadap mata uang kripto terus bermunculan

Sebelum ini, Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin dan Presiden Donald Trump telah menyatakan keprihatinan mereka tentang penggunaan mata uang kripto untuk pencucian uang dan membiayai kegiatan terlarang.

Keduanya juga menekankan peran Financial Crime Enforcement Network untuk menegakkan peraturan sehubungan dengan organisasi yang berurusan dengan kripto.

Sumber: US Congress Urged to Regulate Crypto Sector Under Bank Secrecy Act

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.