Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajer investasi aset kripto asal Amerika Serikat, Bitwise merilis white paper yang mengklaim bahwa volume perdagangan palsu di bursa kripto tidak memengaruhi harga Bitcoin. White paper ini merupakan versi lebih lengkap dari pemaparan Bitwise di bulan Maret yang menduga 95% volume perdagangan di bursa kripto tidak resmi adalah palsu.

Harga Bitcoin tidak terpengaruh perdagangan palsu

White paper ini dipublikasikan di situs resmi Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) berdasarkan penelitian yang disajikan Bitwise Asset Management untuk SEC pada 17 Maret 2019.

Di white paper, Bitwise membahas ulang poin-poin utama dari presentasi yang rilis di bulan Maret, termasuk bukti bahwa hampir 95% volume perdagangan Bitcoin di bursa kripto adalah palsu atau tidak bersifat ekonomis.

Sejalan dengan Bitwise, media kripto The Block juga mempublikasikan penelitian pribadi mereka. Hasilnya menyatakan bahwa hingga 86% dari total volume perdagangan kripto terlapor adalah palsu. Penelitian ini dilakukan berdasarkan korelasi dengan traffic situs bursa.

Diteliti lebih jauh mengenai efeknya, angka yang sebesar itu ternyata terbukti tidak memengaruhi harga Bitcoin di pasar riil. White paper Bitwise ini menunjukkan sistem arbitrase yang efektif telah menjaga akurasi harga Bitcoin pada pasar riil dan mengeliminasi perbedaan harga hanya dalam hitungan detik.

White paper terbaru ini turut menegaskan bahwa sebagian besar kemajuan di pasar Bitcoin, seperti peluncuran Bitcoin berjangka dan peningkatan kustodi Bitcoin secara signifikan telah menambah efisiensi dari pasar Bitcoin.

Data CoinMarketCap kurang tepat

Bitwise mengutip data dari situs analisis kripto populer, CoinMarketCap untuk memperkuat argumen penelitiannya. Secara mengejutkan, Bitwise menemukan data CoinMarketCap dan beberapa agregator data lainnya di industri ini adalah salah.

Bitwise mengungkapkan, CoinMarketCap mengolah data dengan cukup “liar”. CoinMarketCap mencampurkan data volume perdagangan palsu dan wash trading, yang mana memiliki potensi untuk mengubah pandangan publik tentang pasar Bitcoin menjadi negatif.

Menanggapi hasil penelitian Bitwise, CoinMarketCap berjanji untuk memperbaiki peringkat dari member bursa. CoinMarketCap kemudian juga membentuk sebuah aliansi bernama Data Accountability and Transparency Alliance untuk memberikan transparansi, akuntabilitas, dan keterbukaan yang lebih besar dari proyek-proyek kripto.

Sumber: Bitwise White Paper: Fake Trading Volumes by Exchanges Do Not Impact BTC Prices

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.