Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Visa, Mastercard, eBay, dan Stripe telah mengumumkan bahwa mereka resmi keluar dari Asosiasi Libra Facebook dan proyek stablecoin yang terkait. Bloomberg melaporkan kabar ini pada 11 Oktober.

Penarikan diri dipicu regulasi

Kabar keluarnya empat perusahaan besar ini muncul satu minggu setelah perusahaan pembayaran PayPal mengumumkan penarikan diri dari proyek stablecoin Libra. PayPal menyatakan penarikan dirinya disebabkan karena regulator terus meneliti proyek tersebut.

Menyusul PayPal, Mastercard, eBay, dan Stripe adalah yang keluar terlebih dahulu. Beberapa menit kemudian, Visa mengatakan juga memutuskan untuk menarik diri dari Asosiasi Libra Facebook dan proyeknya.

Perusahaan-perusahaan ini menyatakan rasa hormatnya terhadap visi Facebook dan melihat adanya potensi yang berkelanjutan dalam proyek Libra tersebut. Namun, untuk saat ini kelimanya memilih untuk mengarahkan kembali fokus yang ingin dicapai perusahaan.

Juru bicara Visa mengungkapkan kepada CoinDesk pihaknya telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan Asosiasi Libra saat ini. Beliau menambahkan bahwa Visa akan terus mengevaluasi situasi dan keputusan akhir akan ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk kemampuan Asosiasi Libra untuk memenuhi seluruh peraturan yang diperlukan.

Pertemuan resmi Asosiasi Libra tetap diadakan

Meskipun ditinggal lima anggotanya, Asosiasi Libra tetap mengadakan pertemuan resmi pertamanya pada tanggal 14 Oktober di Jenewa, Swiss. Melalui pertemuan ini, konsorsium kembali menegaskan minat mereka dalam menciptakan stablecoin yang berorientasi pada pembayaran dan akan diimbangi oleh sejumlah mata uang fiat yang stabil.

Selain menegaskan minat pada proyek Libra, 21 anggota konsorsium juga membentuk sebuah dewan dengan lima anggota dan menyetujui artikel asosiasi sementara yang menggambarkan bagaimana organisasi akan diatur.

Facebook pertama kali meluncurkan visinya untuk Libra pada Juni 2019. Proyek ambisius ini bertujuan untuk menyediakan layanan perbankan untuk lebih dari 1 miliar orang yang saat ini kurang memiliki akses. 

Namun, dalam pengembangannya, proyek ini mendapat banyak penolakan dari anggota parlemen di seluruh dunia. Pejabat pemerintahan Jerman dan Perancis pernah bersumpah untuk memblokir peluncuran Libra. Sementara itu, perwakilan Amerika Serikat, Maxine Waters juga menyerukan moratorium pengembangan proyek Libra sampai permasalahan mengenai peraturan bisa diselesaikan.

Sumber 1: Visa, Mastercard, eBay, Stripe Follow PayPal in Quitting Facebook’s Libra Project
Sumber 2: Visa, EBay, Stripe and Mastercard Abandon Facebook’s Libra Project

Email

Email

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.

CoinToday.id © 2019. All rights reserved.