Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perusahaan aplikasi pesan milik Facebook, WhatsApp dikabarkan tengah melakukan pembicaraan awal dengan beberapa perusahaan pembayaran digital serta bank pemerintah di Indonesia untuk meluncurkan layanan pembayaran digital baru. Indonesia merupakan negara kedua di dunia setelah India yang ditawarkan WhatsApp untuk layanan ini.

WhatsApp menjadi platform pendukung dompet digital lokal

Melansir dari media Reuters, WhatsApp saat ini sedang bernegosiasi dengan aplikasi transportasi Go-Jek, perusahaan pembayaran mobile DANA dan OVO, serta Bank Mandiri milik negara. Kesepakatan dengan tiga dari empat perusahaan tersebut diperkirakan akan dicapai dalam waktu dekat.

Di Indonesia, WhatsApp menawarkan hanya menjadi platform yang mendukung pembayaran melalui dompet digital lokal. Konsep ini berbeda dengan yang ditawarkan WhatsApp di India, di mana WhatsApp menjadi layanan pembayaran peer-to-peer.

Perbedaan konsep layanan pembayaran digital WhatsApp di Indonesia dengan India diduga karena peraturan perizinan di Indonesia yang cukup ketat. Facebook dan WhatsApp mengubah konsep layanan pembayaran digital untuk menghindari peraturan lokal terkait dengan larangan dompet digital asing.

Model layanan pembayaran yang kelak akan diterapkan di Indonesia dinilai dapat menjadi panduan bagi WhatsApp untuk diadopsi pada pasar negara berkembang lainnya dalam menyiasati peraturan mengenai pemain asing yang ingin membuat dompet digital sendiri.

Persiapan masih di tahap awal

Mengenai kabar layanan pembayaran digital ini, seorang juru bicara dari Facebook membenarkan bahwa WhatsApp sedang dalam pembicaraan dengan mitra keuangan di Indonesia mengenai pembayaran.

Pembicaraan ini masih tahap awal dan belum ada hal lain yang bisa dikabarkan lebih lanjut. Di sisi lain, baik DANA, OVO, Go-Jek, maupun Bank Mandiri masih belum memberikan tanggapan mengenai berita ini.

Peluncuran layanan pembayaran digital dari WhatsApp sepertinya belum bisa dilakukan dalam waktu dekat, setidaknya sampai tahun 2020. WhatsApp ingin meluncurkan layanan pembayaran di India terlebih dulu sebelum di Indonesia. Namun, hingga saat ini masih menunggu peraturan persetujuan dari pemerintah India.

Sumber: Exclusive: WhatsApp in talks to launch mobile payments in Indonesia

Email

Email

CoinToday.id © 2020. All rights reserved.

CoinToday.id © 2020. All rights reserved.